Hello everyone...
langsung saja, menyambung dari blogku sebelumnya aku mau nyeritain pengalamanku selama mengikuti tahapan seleksi di PT. Angkasa Pura 1 (Persero), dimana ini adalah pengalaman pertamaku mendaftar di BUMN. so, let's read it.......
Tanggal 13 Januari 2019
Berawal dari chat whatsapp dari salah seorang temanku, entah kenapa dia menyarankan agar aku mendaftar di perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi udara ini. Posisi yang dibuka saat itu adalah Aviation Security (Avsec), Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) dan Airport Operation Officer (AOPS). Aku memutuskan untuk mendaftar sbg Avsec karena entah kenapa hatiku lebih memilih untuk mendaftar Avsec, selain itu karna pertimbangan prospek kerja tentunya, Avsec menurutku lebih waahh karna setelah lolos seleksi, Calon Avsec dan ARFF harus terlebih dulu ikut pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan supaya dapet lisensi, berbeda dengan AOPS yang tidak perlu lisensi apa-apa.... Nah, berikut adalah tampilan dari web AP tentang persyaratan dan posisi yang dibuka..
Malam itu aku langsung apply via web di http:recruitment.ap.co.id/. Disitu tertera panduannya dengan jelas, jadi aku hanya input nomor KTP dan bikin akun buat pendaftarannya, gampang banget kan ?
Pagi harinya, muncul notif di email bahwa login akun pendaftarannya sukses, didalamnya berisi Id pelamar yang fungsinya sama kaya nomor absen, nah Id pelamar itu digunakan untuk proses seleksi selanjutnya.
Next, di hari yang sama, tahapan selanjutnya aku diminta input data melalui situs web menggunakan Id pelamar tersebut. Data yang diminta ternyata cukup detail, diantaranya identitas pribadi, keluarga, riwayat pendidikan, organisasi yang pernah diikuti, uraian perkerjaan sebelumnya (diisi kalo sebelumnya sudah bekerja) serta perlu juga upload KK, KTP, Transkrip nilai dan Ijazah terakhir. Setelah semuanya sukses diupload, muncul notif untuk menunggu panggilan seleksi berkas administrasi dan pengecekan fisik. Well, di tahap ini tidak ada hal yang memberatkan, sampai akhirnya muncul rasa penasaran apakah dengan data yang udah aku masukin kira-kira aku lolos ngga yaaaa..............
Tanggal 20 Januari 2019
Satu minggu setelah proses apply online, aku terus memantau pengumuman via web, sampai tepatnya tanggal 25 Januari 2019 pukul 12.00 WIB tepat muncul lah pengumuman. Alhamdulillah ada namaku didalamnya. Tertera panggilan untuk mengikuti tahap Seleksi Administrasi Berkas dan Pengamatan Fisik hari sabtu tanggal 2 Februari 2019 yang berlokasi di Gedung Graha Satu PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Internasional Juanda, Surabaya di Jl. Juanda, Segoro Tambak, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Sore itu juga aku langsung pesan tiket kereta, cari2 info penginapan dan tentunya info lokasi tesnya.
Sedikit cerita, ini adalah kali pertama aku akan melakukan perjalanan ke Surabaya seorang diri. Perasaanku kala itu cukup tertantang, ada rasa takut juga tapi yakin aja pasti lancar semuanya. Beruntungnya, ketika melihat daftar nama yang ikut seleksi administrasi, aku kenal dengan salah satu peserta, namanya Mba Silviana, dia adalah teman dari teman kuliahku hehee... setelah bertukar nomor WA, kita banyak sharing seputar persyaratan seleksi berkas, kelengkapannya apa aja, dan janjian berangkatnya barengan karena kita sama2 berangkat dari Semarang, sampai akhirnya pada tes berikutnya kita selalu bareng2 mengikuti seleksi.
Tanggal 1 Februari 2019
Perjalanan ke Surabaya kali ini aku ngga jadi sendirian, ada temenku Mba Silvi meskipun titik keberangkatan kami berbeda tapi tujuan kami sama yaitu di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Mba Silvi berangkat dari Stasiun Semarang Poncol sedangkan aku berangkat dari Stasiun Semarang Tawang hehe
Sengaja aku berangkat satu jam lebih awal dari jadwal keberangkatan kereta. Sebelum berangkat ke stasiun terlebih dahulu aku mengecek kelengkapan berkas untuk seleksi besok pagi, berkas-berkas yang menjadi persyaratan diantaranya KTP asli dan fotocopy, Ijazah dan Transkrip Nilai (asli dan fotocopy), Kartu Keluarga (Asli dan Fotocopy), SKCK dari Polres, Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan, Surat Keterangan Sehat dari RSUD, dan Curriculum Vitae. Berkas-berkas semuanya dimasukkan jadi satu di dalam map warna hijau.
Lanjut, perjalanan ke Surabaya memakan waktu kurang lebih 5 jam. Waktu itu, aku sampai di Surabaya sore hari dan disana hujan deres. Tanpa buang waktu setelah turun dari kereta, aku dan Mba Silvi shalat ashar di Masjid samping Stasiun (nama masjidnya aku lupa wkwk) sekalian nunggu hujan agak reda. Next, hujan pun berganti gerimis dan kami melanjutkan perjalanan. Kali ini tujuannya adalah penginapan, beruntungnya aku akhirnya ikut menginap di kost temennya Mba Silvi, namanya Mba Dewi (weww seneng dong dapet temen baru dan bisa hemat karna ngga jadi cari penginapan sendiri hehe). Daan ini dia temen baru aku, foto ini diambil pas kita ke Tunjungan Plaza, sebuah pusat perbelanjaan terbesar kedua setelah Pakuwon Mall
beserta PTC di Surabaya, sekaligus plaza yang paling populer di
masyarakat kota Surabaya yang terletak di jalan Jenderal Basuki Rachmat, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya.
*Well, mungkin sampai disini dulu. Cerita selanjutnya aku ulas lagi di blog berikutnya.
To be continued..
0 comments:
Post a Comment